manajemen keperawatan
-SOAL-
1. Sebutkan pengertian manajemen keperawatan menurut H. koontz & O’donnel.
2. Sebutkan pengertian manajemen keperawatan Hersey dan Blanchard dari la monica (1998)
3. Apa yang anda ketahui tentang 6 M ? dalam sarana manajemen ?
4. Apa yang anda ketahui dengan CIUM dalam sarana manajemen ?
5. Sebutkan 3 fungsi dari Perncanaan !
6. Sebutkan jenis perencanaan !
7. Sebutkan salah satu syarat dari keterampilan manajerial !
8. Apa yang dimaksud dengan keterampilan konseptual !
9. Sebutkan jenis teori manajemen !
10. Apa kelemahan dari teori manajemen Klasikal ?
11. Sebutkan 2 perbedaan perawat professional dan vocasional
12. Termasuk dalam perawat apakah perawat yang membantu peraktik keperawatan professional ?
13. SMA dan SPK termasuk dalam jenis perawat ?
14. Ners/S1 termasuk dalam jenis perawat ?
15. Sp 1 / S2 termasuk dalam perawat ?
16. Apa tugas dasar manajer keperawatan ?
17. Siapakah yang termsauk manajemen keperawatan ?
18. Apa langkah yang dilakukan agar organisasi tetap eksis ?
19. Keterampilan apa yang harus dimiliki oleh manajer keperawatan ?
20. Apa tanggung jawab seorang Top Manajer ?
21. Konflik sebagai masalah internal dan eksternal yang terjadi sebagai akibat dari perbedaan pendapat, nilai-nilai atau keyakinan dari 2 orang atau lebih adalah pendapat dari ??
22. Konflik dibedakan menjadi 3 sebutkan !
23. Apa yang anda ketahui tentang konflik laten ?
24. Suatu penyelesaian masalah dengan cara memuaskan semua orang yang terlibat di dalamnya dengan prinsip “win win solution”
25. Sebutkan langkah-langkap penyelesaian konflik menurut Vestal (1994) !
26. Mengelola perasaan dan menghindari respon emosional merupakan langkah penyelesaian masalah, hal tersebut termasuk dalam ?
27. Kompromi dan negosiasi termasuk ?
28. Apakah kompetisi termasuk dalam strategi dalam penyelesaian konflik ?
29. “win-Lose” jelaskan !
30. Apa dampak negative dari strategi “win-lose” ini ?
31. System MKP, sebutkan penegrtiannya !
32. Model System MKP terdiri dari ? sebutkan jenisnya !
33. Sebutkan 3 model praktik keperawatan !
34. Jelaskan apa itu praktek keperawatan rumah !
35. Siapakah yang bertanggung jawab penuh terhadap tindakan keerawatan model Fungsional ?
36. Sebutkan 3 kriteria sebelum manajer setuju untuk memulai proses negosiasi !
37. Sebutkan 4 langkah yang dilakukan sebelum negosiasi dalam keperawatan !
38. Sebutkan 3 hal yang harus dihindari dalam proses negosiasi !
39. Apa kelebihan model fungsional (bukan model MAKP professional) ?
40. Sebutkan 3 prinsip manajemen keperawatan ?
41. Sebutkan tahapan proses manajemen ?
42. Sebutkan 3 model system keperawatan yang dapat di kembangkan sehingga bisa menjadi perawat professional ?
43. Sebutkan 3 komponen utama yang diperlukan dalam memberikan asuhan keperawatan professional ?
44. Sebutkan 3 kategori menurut Douglas, Lovevidge, dan cunnings ?
45. Sebutkan metode asuhan keperawatan ( M3-METHOD ) ?
46. Sebutkan model penerapan MAKP analisis swot ?
47. Administrasi penunjang yang mendukung dalam keperawatan ?
48. Sebutkan 3 metode asuhan keperawatan (M3-METHOD)
49. Apa penyebab sehingga ronde keperawatan belum pernah dilakukan ?
50. System pendokumentasian jenis apakah yang berlaku pada saat sekarang ini ?
51. Sources Oriented Record berorientasi kepada 5 komponen, sebutkan !
52. Tuliskan pengertian praktek keperawatan menurut CHS (1983) !
53. Tuliskan No SK yang mengatur tentang standar praktik keperawatan yang telah disahakan oleh menkes RI
54. Pada tanggal berapakah SK Menkes di perbaharui oleh Dirjen Yan Filed depkes ?
55. Sebutkan tujuan Standar Keperawatan Menurut Gillies (1989)
56. Sebutkan jenis Standar Profesi keperawatan sesuai SK DP PPNI Nomor : 03/DPP/SK/I/1996
57. Sebutkan isi pasal 53 ayat 2 UU kesehatan No : 23 tahun 1992.
58. Jelaskan maksud Standar 2 di dalam Standar pelayanan keperawatan !
59. Jelaskan maksud standar 3 di dalam Standar pendidikan keperawatan !
60. Jelaskan m aksud standar 2 di dalam Standar Pendidikan Keperawatan berkelanjutan !
-JAWABAN –
1. Manajemen berhubungan dengan pencapaian suatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain.
2. Bekerja dengan melalui individu dan kelompok untuk mencapai tujuan organisasi
3. Man, Money, Mterial, method, machine, dan market
4. C : Cetakan,
I : Inisiatif
U : Ulet
M : mahir
5. Memungkinkan pencapaian tujuan, mengarahkan upaya kelompok dan menentukan tidakan
6. Perencanaan jangka panjang dan perencanaan jangka pendek
7. Semakin tinggi kedudukan seseorang semakin dituntut memiliki konsoptual yang tinggi.
8. Kemampuan untuk memahami kompleksitas organisasi secara keseluruhan dan apakah kegiatan seseorang sesuai dengan organisasi.
9. Klasikal, Prilaku, dan Kontemporer
10. Penekanan berlebihan pada rasionalisasi dan efisien
11. Mencakup perbedaan pertama : kompotensi perawat dan yang kedua : batas-batas kewenangan
12. Termasuk perawat Vokasional
13. SMA dan SPK termasuk dalam Perawat Vokasional
14. S1/Ners termasuk dalam Perawat Profesional
15. Termasuk Perawat Spesialis.
16. Merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan mengontrol sumber daya.
17. Perawat pelaksana, perawat kepala, pengawas, directur keperawatan
18. Manajer melakukan perubahan dan pembaharuan yang bersfat positif,
19. Keterampilan konseptual, keterampilan HAM, keterampilan tehnis.
20. Tanggung jawab pada semua kegiatan yan. Keperawatan – Executive Level\
21. Marquis dan Huston
22. Pertama : Intrapersonal, kedua : interpersonal, ketiga : Antar kelompok
23. Salah satu konflik yang berkesinambungan dan terus menerus dalam suatu organisasi.
24. Resolusi Konflik
25. 1) pengkajian,
2) Identifikasi,
3) Intervensi
26. Termasuk dalam “Identifikasi”
27. Strategi penyelesaian konflik
28. Ya termasuk.
29. “win-lose” adalah suatu penyelesaian konflik yang merencanakan bahwa hanya ada satu orang atau kelompok yang menang tanpa mempertimbangakan yang kalah
30. Kemarahan & putus asa, dendam untuk menjadi pemenang dalam lomba berikutnya.
31. Suatu kerangka kerja yang mendifinisikan empat unsure yakni standar, proses keperawatan, pendidkan keperawatan, dan system MKP.
32. 1) fungsional,
2) Tim,
3) Primer,
4)Modifikasi
33. 1) prakterk keperawatan Rumah sakit,
2) Praktek Kperawatan Rumah
3) praktek kepewatan berkelompok.
34. Bentuk praktek lanjutan pelaksanaan pelayanan keperawatan sebagai kelanjutan dari pelayanan Rumah sakit.
35. Perawat yang bertanggung jawab penuh pada model ini.
36. 1) masalah harus dapat dinegosiasikan,
2) negosiator harus tertarik pada “take and give” selama proses negisisasi.
3) mereka harus saling percaya
37. 1) mengumpulkan informasi.
2) dimana manajer harus memulai.
3) memilih alternative yang terbaik.
4) mempunyai agenda yang disembunyikan/hidden
38. 1) sikap yang tidak baik
2) distorsi
3) tidak berurutas dan mekmaksakan kehendak
39. Manajemen klasik yang menekankan efesiensi, pembagian tugas yang jelas dan pengawasan yang baik
40. - Manajemen adalah kegiatan pengelolaan dan pengambilan keputusan
- pengelolaan dan pengambilan keputusan selalu dihadapkan pada ketidak pastian
- untuk memperoleh tujuan pengambilan keputusan dan mengurangi ketidak pastian diperlukan data, informasi, dan proses pengendalian.
. 41. 1. Data
2. analisis swot
3. identifikasi masalah
42. 1. Tim
2. primer
3. kasus
43. 1. Tenaga perawat ( M1 )
2. Sarana, prasarana ( M2 )
3. metode pemberian asuhan keperawatan ( M3 )
44. 1. Keperawatan minimal yang memerlukan waktu 1-2 jam/24 jam
2. perawatan intermedit dengan waktu 3-4 jam/24 jam
3. perawatan total dengan waktu 5-6 jam/24 jam
45. 1. Penerapan model MAKP
2. timbang terima
3. ronde keperawatan
4. Pengelolaan sentralisasi obat
5. supervise
6. discharge planning
7. dokumentasi keperawatan – LARB
46. 1. MI-ketenagaan dan pasien
2. M2-sarana prasarana
3. penerapan MAKP
4. sentralisasi obat
5. supervise
6. timbang terima
7. ronde keperawatan
47) 1) buku injeksi
2) buku observasi
3) lembar dokumentasi
4) lembar observasi suhu dan nadi
5) buku timbang terima
48) 1) timbang terima
2) Ronde keperawatan
3) Supervisi
49) Karena perawat menganggap bahwa ronde keperawatan identik dengan timbangterima yang merupakan salah satu kendala pelaksanaan Ronde.
50) SOR (Source Oriented record)
51) 1) lembar penilaian berisi biodata.
2) lembar order dokter
3) lembar riwayat medic/penyakit.
4) catatan perawat
5) catatan dan laporan.
52) Praktek keperawatan sebagai tindakan keperawatan professional menggunakan pengetahuan teoritis yang mantap dan kokoh dari berbagai ilmu atsar dan ilmu keperawatan dasar, mink dan komunitas sebagai landasan untuk melakukan asuhan keperawatan.
53) SK No : 660/MenKes/SK/IX/1987
54) Pada tanggal 18 agustus 1993
55) 1) meningkatkan kualitas asuhan keperawatan
2) mengurangi biaya asuhan keperawatan
3) melindungi perawat dari kelalaian dalam melaksankan tugas dan malindungi pasien dari tindakan yang tidak terapeutik.
56) 1) Standar pelayana keperawatan
2) Standar Praktik keperawatan
3) Standar penddiikan keparawatan
4) standar pendidikan keperawatan berkelanjutan b agi perawat
57) “tenaga kesehatan (perawat dan bidan) dalam melaksanakan tugasnya berkewajiban untuk mematuhi standar profesi dan menghormati hak pasien”
58) Standar 2 menjelaskan bahwa : devisi keperawatan dipimpin oleh seorang perawat eksklusif yang memenuhi persyaratan anggota direksi.
59) Standar 3 menjelaskan tentang : Lembaga pendidikan keperawatan konsisten dengan struktur andministratif dari institusi induk dan secara jelas menggambarkan jalur-jalur hubungan keorganisasian, tanggung jawab, dan komunikasi.
60) Standar 2 menjelaskan : Pemimpin, tenaga pengajar, narasumber, dan staf penunjang yang berkualitas diikut sertakan dalam pencapaian tujuan unit penyelenggara pendidikan berkelanjutan
Komentar
Posting Komentar